Kamis, 18 Juni 2009

Saat Tepat Berinvestasi

Amsal 20:4 : Pada musim dingin si pemalas tidak membajak; jikalau ia mencari pada musim menuai, maka tidak ada apa-apa.

Bacaan hari ini : Yohanes 10: 1-11
1 ''Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya siapa yang masuk ke dalam kandang domba dengan tidak melalui pintu, tetapi dengan memanjat tembok, ia adalah seorang pencuri dan seorang perampok;
2 tetapi siapa yang masuk melalui pintu, ia adalah gembala domba.
3 Untuk dia penjaga membuka pintu dan domba-domba mendengarkan suaranya dan ia memanggil domba-dombanya masing-masing menurut namanya dan menuntunnya ke luar.
4 Jika semua dombanya telah dibawanya ke luar, ia berjalan di depan mereka dan domba-domba itu mengikuti dia, karena mereka mengenal suaranya.
5 Tetapi seorang asing pasti tidak mereka ikuti, malah mereka lari dari padanya, karena suara orang-orang asing tidak mereka kenal.''
6 Itulah yang dikatakan Yesus dalam perumpamaan kepada mereka, tetapi mereka tidak mengerti apa maksudnya Ia berkata demikian kepada mereka.
7 Maka kata Yesus sekali lagi: ''Aku berkata kepadamu, sesungguhnya Akulah pintu ke domba-domba itu.
8 Semua orang yang datang sebelum Aku, adalah pencuri dan perampok, dan domba-domba itu tidak mendengarkan mereka.
9 Akulah pintu; barangsiapa masuk melalui Aku, ia akan selamat dan ia akan masuk dan keluar dan menemukan padang rumput.
10 Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.
11 Akulah gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya;

Bayangkan Anda dapat kembali ke tahun 1808 di Amerika dan punya uang satu dolar. Apakah Anda akan menggunakannya untuk : (A) mengadakan pesta makan besar, (B) membeli perhiasan emas cantik dari Eropa, atau (C) menginvestasikannya dalam surat saham. Dua ratus tahun kemudian, inilah hasil pilihan Anda.

Jika Anda memilih A, maka Anda akan bersenang-senang semalam, makan kenyang, minum sepuasnya dan tamatlah riwayat satu dolar Anda tanpa jejak. Jika Anda memilih B, Anda dapat tampil trendi pada tahun 1808 sekaligus berinvestasi. Menurut Dr. Jeremy Siegel, seorang profesor bidang keuangan di Universitas Pensylvania, $1 dalam bentuk emas pada tahun 1808 akan menjadi $11.17 pada tahun 2008. Yah, cukuplah untuk Anda makan malam berdua di McDonalds. Sedangkan jika Anda memilih C, maka menurut Siegel, $1 yang diinvestasikan untuk membeli saham rata-rata pada tahun 1808 sudah akan berlipat ganda menjadi $7.47 juta tahun ini. Cukup untuk Anda mengambil alih seluruh cabang McDonalds di kota Anda.

Masalahnya, kebanyakan kita cuma senang berkhayal menerima uang7,47 juta dolar ("Seandainya dulu kakekku menginvestasikan satu dolarnya"), tapi tidak pernah berpikir bahwa sekarang saatnya kita sendiri mulai berinvestasi. Kita malas belajar atau bertanya mengenai cara investasi terbaik. Kita lebih suka memakai uang untuk membeli barang-barang konsumsi yang tidak menghasilkan apa-apa. Kita tidak pernah ‘membajak' tapi ingin ‘menuai'. Tidakkah sudah saatnya kita belajar mengelola keuangan secara lebih cerdas dan bijaksana?


Waktu terbaik untuk menanam pohon oak adalah 20 tahun lalu. Waktu terbaik berikutnya adalah sekarang - David Chilton, The wealthy barber.

Apakah Anda diberkati oleh artikel di atas? Anda ingin mengalaminya? Ikuti doa di bawah ini :

Tuhan Yesus, aku menyadari bahwa aku seorang berdosa yang tidak bisa menyelamatkan diriku sendiri. Aku membutuhkan Engkau. Aku mengakui bahwa aku telah berdosa terhadap Engkau. Saat ini aku minta agar darah-Mu menghapuskan segala kesalahanku. Hari ini aku mengundang Engkau, Tuhan Yesus, mari masuk ke dalam hatiku. Aku menerima Engkau sebagai Tuhan dan Juru Selamat satu-satunya dalam hidupku. Aku percaya bahwa Engkau Yesus adalah Tuhan yang telah mati dan bangkit untuk menyelamatkan dan memulihkanku. Terima kasih Tuhan, di dalam nama Tuhan Yesus Kristus aku berdoa. Amin!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar